Resolusi 2021: Peningkatan Kualitas Kontrol

Lamongan – mengawali semester kedua di Pondok Pesantren Al-Munawwarah Brondong, pimpinan sekaligus pengasuh pondok, al-Ustadz H. Ahmad Hasan Al-Banna S.H.I, M.IRKH, mengadakan pertemuan rutin bulanan dengan segenap bapak/ibu KMI di kantor KMI (31/12/2020). Dalam pertemuan tersebut, ada 3 pokok penting poin yang disampaikan. Diantaranya adalah mengingatkan kembali tentang visi dan misi pondok, resolusi program Kegiatan Belajar-Mengajar (KBM) di semester kedua dan peningkatan kualitas kontrol dalam kegiatan unggulan Pondok Pesantren Al-Munawwarah Brondong.

             Resolusi program KBM yang akan dicanangkan adalah pembentukan dewan “Syeikh Zona” (pengawas zona) di setiap zona kelas. Adapun tugas pokok Syeikh Zona adalah memastikan kehadiran bapak/ibu guru KMI, mengawasi jalannya KBM, memastikan kelengkapan atribut bapak/ibu guru KMI dan santri, memeriksa buku persiapan bapak/ibu guru KMI, mengadakan naqdu al-tadris (evaluasi pengajaran) terhadap bapak/ibu guru, serta memastikan ketertiban suasana KBM. 

Sehubungan dengan ini, mulai Sabtu, 2 Januari 2021, staf KMI Pondok Pesantren Al-Munawwarah Brondong menyiapkan satu meja dan bangku khusus untuk Syeikh yang bertugas di setiap Zona Kelas. adapun dalam pengawasan tersebut, staf KMI membagi tiga shift waktu jaga Syeikh Zona, yaitu shift 1 untuk jam pelajaran pertama dan kedua, berlangsung dari pukul 07-00 – 08.30, shift 2 untuk jam pelajaran ketiga dan keempat, berlangsung dari pukul 09.00 – 10.30, dan shift 3 untuk jam pelajaran kelima dan keenam, berlangsung dari pukul 10.45 – 12.15.

            Selain resolusi KBM, pertemuan bulanan tersebut juga membahas tentang peningkatan kualitas kontrol dalam salah satu kegiatan unggulan Pondok Pesantren Al-Munawwarah Brondong, yaitu bahasa.

Untuk meningkatkan kualitas kontrol terhadap kegiatan Bahasa, staf pengasuhan santri melalui pembimbing bahasa mematenkan materi kosakata yang diberikan setiap pagi untuk santri perkelas. Pembimbing Bahasa juga mewajibkan seluruh santri membawa buku tulis vocab ketika pergi masjid waktu sholat dzuhur, hal ini dilakukan untuk mengondisikan seluruh santri dalam merangkai kalimat dari kosakata bahasa yang sudah disampaikan di pagi hari, masing-masing kosakata satu kalimat. Selain itu, pembimbing bahasa juga melibatkan beberapa guru senior Pondok Pesantren Al-Munawwarah Brondong dalam pemeriksaan dan penilaian Tarkību al-jumlah (rangkaian kalimat) yang telah disusun santri. Pemeriksaan dan penilaian ini dilakukan setiap minggu, pada hari Kamis.Di akhir pertemuan, al-Ustadz H. Ahmad Hasan Al-Banna S.H.I, M.IRKH menyampaikan kembali akan pentingnya peran masing-masing bapak/ibu guru KMI dalam menjalankan program yang dicanangkan. Pertemuan tersebut diakhiri dengan pembagian jadwal mengajar dan pengawas zona kelas oleh staf KMI Pondok Pesantren Al-Munawwarah Brondong. Adapun KBM berjalan aktif mulai hari Sabtu, 2 Januari 2021.

Sebarkan lewat:

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

×

Assalamualaiku Wr. Wb !

Silakan Hubungi Kami..

× Assalamu'alaikum...